Hindari Bahasa Pembangkit Amarah

Hindari Bahasa Pembangkit Amarah – Ketidaksepahaman orangtua dan anak kerap terjadi. Akhirnya, pertengkaran tidak bisa dihindari.

Fayanisa Dwityarani, M.Psi, Psikolog permasalahan remaja dari Kassandra & Associate Jakarta, menyarankan agar para orangtua menghindari kata-kata yang menyalahkan.

Fokuslah pada apa yang ingin Anda sampaikan. Berikut beberapa bahasa yang sebaiknya tidak Anda gunakan saat bertengkar.

Hindari menggunakan kata ‘selalu’ atau ‘kebiasaan’. Misalnya, “Kamu selalu saja membuat orang menunggu terlalu lama.”

Jangan membandingkan satu anak dengan lainnya. Misalnya, “Kakak kamu bisa nilai rapornya selalu bagus, kenapa kamu tidak bisa seperti dia sih?”

Ketika bertengkar, sebaiknya Anda tidak menggunakan pengalaman Anda sebagai tolok ukur. Hindari kata-kata, “Zaman dulu Mama nggak pernah naik mobil ke sekolah…” atau “Ketika Mama seumur kamu….”

Hindari juga perkataan diktator seperti, “Ya karena mama bilang tidak boleh ya tidak boleh, titik!

Rambut Rusak Karena Rebonding

Rambut Rusak Karena Rebonding – Rambut saya pada dasarnya keriting. Oleh karena itu saya suka rebonding. Namun saat efeknya berkurang, rambut saya malah mengembang, kusam, dan patah-patah. Bagaimana mengatasi masalah seperti ini?
Debora Siregar

Rambut lurus dan hitam menjadi dambaan setiap wanita, sehingga mereka berlomba-lomba melakukan eksperimen pada rambutnya seperti rebonding. Namun tidak hanya sampai di situ, untuk mempertahankan rambut lurus, hitam, dan sehat kita tetap harus melakukan perawatan rambut setelah rebonding.

Rebonding pada prinsipnya adalah proses pemutusan ikatan disulfida antar asam amino sistin pada keratin rambut. Untuk itu dibutuhkan bahan kimia yang dapat memutuskan ikatan disulfida yang sifatnya sangat kuat itu. Sebelum memutuskan untuk melakukan rebonding pastikan produknya bebas bahan kimia berbahaya seperti amonia. Karena amonia inilah yang dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan akhirnya mengembang, kusam atau patah-patah.

Cara mudah untuk melakukan perawatan adalah dengan menggunakan kondisioner dari tengah helai rambut sampai ke ujung rambut (hindari pemakaian dari akar) setelah keramas dengan shampo. Kondisioner berfungsi untuk menutrisi rambut dan melapisi kutikula yang dapat mengurai kerusakan. Jika sudah terjadi kerusakan yang parah pada rambut, gunakan masker rambut seminggu sekali. Pilihlah masker rambut yang mengandung bahan fiber actives dan vita protein yang dapat bekerja dalam 3 cara (melapisi, menutrisi, dan memberikan protein. Gunakan sisir yang bergigi jarang agar mudah merapikan rambut.

Manekin Mirip Wanita Asli di Swedia

Manekin Mirip Wanita Asli di Swedia – Sebuah toko pakaian di Swedia dipuji oleh para perempuan di seluruh dunia saat foto dari dua manekin dari Swedia yang bertubuh “normal” beredar di internet.

Mengenakan lingerie, manekin ini menampilkan perut yang lebih lunak, bagian paha yang lebih penuh, dan secara umum ukurannya lebih nyata dibandingkan dengan model-model yang ada di pusat perbelanjaan biasa. Sebagai perbandingan, sebagian besar manekin di Amerika Serikat ukurannya antara 4 atau 6, padahal rata-rata perempuan Amerika ukurannya 14.

Beberapa waktu lalu, seorang blogger di Women’s Rights News mengupload foto manekin dari pusat perbelanjaan itu ke Facebook dan tanggapannya sangat antusias. “Sudah saatnya kebenaran berbicara…” tulis salah satu dari hampir 2.500 komentator. “Siapa pun yang bilang manekin itu mendorong obesitas atau terlihat tidak sehat, Anda memiliki persepsi serius yang menyesatkan tentang pengertian sehat. Saya menjamin manekin ‘lebih besar’ yang berada di depan sana mewakili BMI (body mass index) yang sempurna,” tulis yang lain.

Hingga Kamis, foto itu mengumpulkan hampir 50.000 like dan di-share sebanyak hampir 15.000 kali. Perhatian tersebut sangat luar biasa untuk sebuah benda yang terbentuk dari serat kaca dan plastik.

Ada kabar bahwa manekin tersebut dipajang di H&M di Swedia, tapi seorang juru bicaranya mengatakan kepada Yahoo!: “Gambar itu bukan dari toko H&M. Pada saat ini, kami tidak menggunakan manekin sejenis itu, tapi kami tidak mengesampingkan kemungkinan penggunaan jenis tersebut di masa mendatang.”

Manekin telah ada selama ribuan tahun, tetapi penggunaan mereka di dalam dunia mode lumayan baru, pertama kali muncul di etalase toko pada 1800-an saat Revolusi Industri ketika kaca jendela dipasang di toko-toko untuk menampilkan tren fashion terbaru. Sepanjang Perang Dunia I dan era Depresi, ukuran tubuh manekin mencerminkan masyarakat pada saat itu. Beralih pada 1960, perusahaan manekin Rootstein dari Inggris mulai memeragakan boneka mereka mencerminkan model yang sedang tren di runway pada saat itu.

Manekin modern telah lama dikritik karena memiliki ukuran tubuh yang terlalu kurus. Pada 2007, pejabat kesehatan Inggris menuntut toko di High Street, London untuk berhenti menggunakan model yang sangat kurus, sebagai upaya untuk mencerminkan beragam ukuran dan bentuk tubuh perempuan Inggris. Pada 2010, Club Monaco dikritik karena menampilkan manekin dengan tulang punggung dan klavikula (tulang selangka) yang menonjol. Dan pada 2011, GAP dikecam oleh blogger karena manekin dengan kaki sekurus tulang memeragakan tampilan skinny jeans.

Meski banyak masyarakat menggugat penurunan ukuran manekin tersebut, ketika para perancang berupaya untuk membuat boneka yang mencerminkan ukuran yang sebenarnya, mereka malah dikritik. Pada akhir 2012, ketika seorang pengguna Reddit memposting foto sebuah “manekin obesitas” sebagai satir, komentar pembaca berkisar dari “Idih, gemuk!”, “Memalukan sekali betapa obesitasnya orang Amerika” dan yang lucu, “Dia tidak gemuk, hanya kebanyakan busa.”

Sebuah publikasi terbaru dalam Journal of Consumer Research menunjukkan bahwa harga diri perempuan merosot ketika disejajarkan dengan model dari berbagai ukuran, jadi mungkin tidak ada jawaban yang mudah. Tapi selama manekin mempengaruhi orang untuk membeli busana, mencerminkan tubuh di kehidupan nyata merupakan langkah ke arah yang benar.

Usir Kantuk Tanpa Kopi

Usir Kantuk Tanpa Kopi – Bila merasa rutinitas minum kopi Anda sudah melampaui batas yang wajar, sementara kantuk menyerang, cobalah alternatif lain, yang lebih sehat tentunya. Anda bisa mengonsumsi makanan berprotein tinggi, telur misalnya.

Para ilmuwan menemukan bahwa protein dalam telur, terutama yang ditemukan pada putih telur, juga dapat membantu kita tetap terjaga dan tetap waspada.

Protein ini lebih efektif ketimbang karbohidrat yang ditemukan dalam cokelat, biskuit dan makanan yang mengandung gula. Jenis makanan tersebut memang menambah energi.

Sebaliknya, para peneliti dari Cambridge University telah menguji bagaimana substansi protein berdampak pada sel otak sehingga bisa membuat kita terjaga. Kandungan protein dalam putih telur membangkitkan sel-sel otak, memicu keluarnya kandungan orexin. Sementara gula menghambat keluarnya orexin.

Jadi, jika anda dihadapkan pada pilihan antara roti dengan selai atau roti dengan telur, pilihlah yang terakhir. Meskipun dari dua jenis pilihan tersebut mengandung kalori yang sama, tetapi kandungan protein yang kurang pada roti selai akan membuat tubuh membakar lebih banyak kalori yang dikonsumsi.

Bukan berarti Anda tidak memerlukan asupan gula. Lengkapi kebutuhan gula Anda dengan mengonsumi makanan-makanan yang mengandung kadar gula alami, bukan gula tambahan. Coba saja konsumsi yogurt dan kacang-kacangan, seperti kenari, almond atau kismis.

Kandungan gula alami dan protein akan membuat tubuh lebih bugar. Apalagi mengonsumsi yogurt dingin, dijamin kantuk Anda segera hilang. Sedangkan kacang-kacangan kaya akan lemak omega 3. Lemak tak jenuh tersebut akan dibakar dengan cepat melepaskan tembakan energi. Gula alami dalam kacang juga akan membantu Anda untuk tetap bersemangat.

Satu lagi yang penting Anda konsumsi untuk menangkis serangan kantuk, air putih. Salah satu penyebab rasa kantuk adalah tubuh kita kurang terhidrasi dengan baik. Asupan dua liter air sehari mencukupi kebutuhan tubuh agar tetap terhidrasi.

Ketika cukup cairan, secara otomatis tubuh Anda akan terasa berenergi. Selain karena kurang cairan, faktor yang tak kalah memengaruhi adalah konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat terlalu banyak. Oleh karena itu, kurangilah konsumsi karbohidrat, seperti nasi dan mi.

Untuk menghindari kantuk di pagi hari, biasakan sarapan setidaknya dua iris roti dan jangan banyak begadang malam hari. Otomatis, Anda akan mengurangi konsumsi kopi di pagi hari.

Udang, Seafood Lezat dengan Segudang Manfaat Sehat

Udang, Seafood Lezat dengan Segudang Manfaat Sehat – Udang telah diolah menjadi berbagai masakan lezat dan gurih. Bahkan jenis udang besar juga kerap digunakan untuk menggantikan lobster yang sama-sama berasal dari famili crustacea.

Namun tentunya penyajian berbagai jenis masakan udang juga berpengaruh terhadap kandungan nutrisinya. Seperti halnya seafood lainnya, udang kaya akan kalsium dan protein. Jadi udang termasuk dalam sumber protein hewani.
Kandungan Nutrisi Udang

Kandungan protein udang dikategorikan sebagai “complete protein” karena kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap, dan sekitar 85-95 persen proteinnya mudah dicerna tubuh. 100 gr udang mentah mengandung 20,3 gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %.

Profil asam amino udang (per 100 gr) berturut-turut yang termasuk tinggi adalah asam gulamat (3465 mg), asam aspartat (2100 mg), arginine (1775 mg), lysine (1768 mg), leucine (1612 mg), glycine (1225 mg), isoleucine (985 mg), dan valine (956 mg). Artinya, udang sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan protein untuk membentuk otot.

Kalori udang yang sangat rendah (hanya 106 kalori per 100 gr udang) menjadikannya salah satu makanan diet yang cukup baik. Udang juga hanya mengandung sedikit asam lemak jenuh. Bahkan seperti halnya makanan laut lain, kadar asam lemak sehat pada udang justru sangat tinggi yaitu Omega-3 dan Omega-6 masing-masing mencapai 540 mg dan 28 mg per 100 gr udang segar.

Memang kandungan kolesterol udang cukup tinggi yaitu 152 mg per 100 gr udang segar. Namun hampir sama halnya seperti tuna dan makanan laut lain, segala manfaat nutrisi udang akan mengalahkan efek-efek negatifnya.

Asam lemak esensial yang dikandung udang mampu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) serta menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida dalam darah sehingga baik bagi kesehatan kardiovaskular.

Berbagai vitamin baik jenis larut air dan lemak juga sangat tinggi pada udang sehingga sangat baik dikonsumsi. Kandungannya yang tertinggi berturut-turut sesuai dengan persentase kebutuhan harian (daily value) adalah vitamin D (38%), vitamin B12 (19%), Niacin (13%), vitamin E (5%), vitamin B6 (5%), vitamin A (4%), vitamin C (3%), dan lain-lain.

Udang juga mengandung berbagai mineral yang penting bagi tubuh. Seperti yang sudah diketahui, mineral dari bahan makanan laut lebih mudah diserap tubuh dibandingkan yang berasal dari kacang-kacangan dan serealia.
Mineral selenium dalam 100 gr udang segar cukup untuk memenuhi 54% kebutuhan harian, disusul fosfor (20%), besi dan tembaga (masing-masing 13%), magnesium (9%), zinc (7%), sodium (6%), potassium dan kalsium (masing-masing 5%), serta berbagai mineral penting lainnya.
Manfaat Sehat Mengonsumsi Udang

Beberapa manfaat keseahtan yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi udang antara lain,

Menjaga kesehatan kardiovaskular (jantung) karena kandungan asam lemak esensialnya akan menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penggumpalan kepingan darah atau ateroskeloris
Memenuhi kebutuhan protein dengan asam amino berprofil lengkap yang mudah diserap tubuh. Baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin menambah massa otot.
Sangat cocok untuk menu diet karena tinggi protein dan rendah kalori
Memaksimalkan berbagai fungsi organ-organ vital tubuh karena berbagai kandungan vitaminnya
Sebagai antioksidan yang mampu menjaga kesehatan fungsi kekebalan tubuh, anti radikal bebas penyebab 50 macam penyakit degeneratif dan membantu produksi antibodi dengan kandungan selenium yang sangat tinggi
Membantu bekerjanya lebih dari 70 macam enzim, hormon, dan proses biosintesa dalam tubuh dengan kandungan zinc-nya
Membantu meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhan anak dengan kandungan vitamin D, B12 dan Omega 3
Mencegah penyakit darah rendah (anemia) dan berperan dalam pembentukan sel darah merah karena kandungan besi dan zinc-nya yang tinggi
Menjaga kesehatan mata dengan kandungan vitamin A
Menjaga kesehatan kulit dan mencegah penyakit pellagra (kulit burik dan bersisik) dengan kandungan vitamin E (alpha tocopherol) dan niasin yang tinggi
Menjaga kesehatan tulang, gigi dan sendi dengan kandungan vitamin D, kalsium dan potassium yang tinggi

Bagi Anda yang mengidap alergi terhadap makanan laut sebaiknya membatasi mengonsumsi udang, agar terhindar dari efek samping yang merugikan kesehatan.

Untuk mendapatkan manfaat sehat dari udang, masaklah udang dengan cara dibakar atau dikukus dan nikmati beragam manfaatnya untuk kesehatan Anda.

Jangan Hanya Sarapan Segelas Kopi!

Jangan Hanya Sarapan Segelas Kopi! – Biasanya di pagi hari Anda hanya mengisi perut dengan secangkir kopi, baiklah, dua gelas.

Anda rasa itu sudah cukup. Toh, Anda merasa tidak terlalu lapar dan kopi sudah cukup memuaskan sampai nanti makan siang.

“Mereka yang tidak sarapan justru cenderung makan berlebih saat waktu makan berikutnya,” kata Andrea Giancoli, R. D., juru bicara American Dietic Association.

Informasi ini memang bagus, tapi pada pagi hari perut Anda memang tidak lapar. Karena Anda hanya mengikuti aturan makan ketika lapar.

Tip diet: Setelah Anda pikir kemungkinan adalah karena Anda makan malam terlalu malam sekitar pukul 20.00, lalu diikuti ngemil sambil nonton TV sebelum tidur.

Saran yang Anda ikuti kemudian adalah tetap melakukan sarapan dengan porsi protein yang cukup. Ternyata itu berhasil. Membuat Anda lebih berenergi, tidak kelaparan di siang hari, makan lebih sedikit pada malam hari dan bangun dengan perut lapar, siap untuk sarapan.

Rahasia Turunkan Berat Badan dari Seluruh Dunia

Rahasia Turunkan Berat Badan dari Seluruh Dunia – Dengan keragaman budaya lebih dari 200 negara yang ada di dunia maka beragam pula cara masyarakat di masing-masing negara memelihara kesehatannya termasuk menjaga penampilan tubuh mereka.

Anda pasti sering melihat di media televisi dan internet bagaimana kehidupan masyarakat dari berbagai belahan dunia. Mereka mempunyai kebiasaan masing-masing termasuk dalam hal beraktivitas atau berolahraga dan mengatur pola makan untuk menjaga berat badannya. Berikut adalah rangkuman beberapa diantaranya.
Makanan pedas (Thailand)

Makanan khas Thailand dikenal paling pedas di dunia. Pedasnya makanan tersebut mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membantu pembakaran lemak tubuh.
Porsi Kecil (Inggris)

Anda tidak akan menemukan porsi ukuran besar (supersize) di restoran makanan cepat saji di Inggris. Orang-orang Inggris lebih menyukai makanan porsi kecil sehingga terhindar dari makan berlebihan dalam porsi besar.
Ubi dan buncis (Brazil)

Hidangan utama di Brazil adalah berupa cassava/ubi dan buncis-buncisan yang disajikan kapan saja. Hidangan tersebut kaya serat dan rendah lemak sehingga mampu menjaga kadar gula darah dan menurunkan risiko obesitas sebesar 14%.
Sering Makan di Rumah (Polandia)

Orang Polandia hanya menghabiskan pengeluaran keluarga sebesar 5% untuk makan di luar. Mereka lebih suka makan masakan rumahan sendiri yang jauh lebih sehat dan sehat.
Sarapan Rutin (Jerman)

75% orang Jerman terbiasa sarapan rutin setiap pagi. Menu sarapannya pun adalah roti dan sereal gandum utuh yang jauh lebih sehat. Sarapan rutin mencegah Anda makan siang berlebihan atau ngemil tidak sehat.
Bersepeda (Belanda)

Tahukah Anda? Jumlah sepeda yang dipakai di Belanda lebih besar dari jumlah penduduk Belanda! Dan 54% diantara mereka bersepeda untuk kegiatan sehari-hari! Mereka rata-rata mengayuh sepeda sejauh 865 km per tahun!
Konsumsi Muesli (Swiss)

Orang Swiss biasa sarapan atau ngemil sore dengan menu muesli, sejenis campuran sereal, buah-buahan, dan kacang-kacangan yang sangat sehat dan berserat tinggi sehingga cocok untuk diet.
Makan dari hasil kebun sendiri (Rusia)

51% orang Rusia menghabiskan weekend atau liburan mereka di pedesaan dimana mereka menyantap sayur dan buah dari kebun yang mereka tanam sendiri. Akibatnya diet tersebut jauh lebih sehat.
Bumbu Kunir (Malaysia)

Sebagian besar orang Malaysia terbiasa makan makanan kaya bumbu kunir atau kunyit yang mengandung curcumin. Curcumin mampu mengurangi pembentukan jaringan lemak dan meningkatkan pembakaran lemak.
Minum Teh Rooibos (Afrika Selatan)

Dinikmati hampir di seluruh penjuru Afrika Selatan, teh rooibos berkhasiat lebih kuat daripada teh hijau. Teh rooibos juga manis alami sehingga tidak perlu pemanis tambahan. Kebiasaan minum teh rooibos ini mampu mendongkrak metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak.
Gemar Makan Acar (Hungaria)

Orang Hungaria suka sekali makan berbagai jenis acar dari mentimun, kubis, tomat, dan paprika. Kandungan cuka dalam acar mampu menjaga tekanan darah, menjaga kadar gula darah, dan mengurangi pembentukan jaringan lemak.
Yoga (India)

Dianggap sebagai ibukota yoga dunia, orang India sudah umum mempraktikkan yoga. Yoga dilakukan dengan beragam pose tingkat lanjut saat perut kosong sehingga mampu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme. Pelaku yoga juga memiliki indeks massa tubuh lebih rendah.
Trekking (Finlandia)

Hampir sama dengan negara tetangga mereka Norwegia, warga negara Finlandia memilih trekking sebagai kegiatan outdoor terfavorit. Mereka terbiasa trekking dengan dua tongkat di tangan kanan dan kiri yang melibatkan pergerakan otot bahu, lengan, dan torso sehingga mengubah jalan biasa menjadi sebuah total body workout yang mampu membakar kalori dan lemak lebih banyak.
Makan Ikan Herring (Belanda)

Ikan herring adalah jenis ikan laut yang hidup di lautan Pasifik Utara, Atlantik Selatan, dan Baltik. Ikan ini sangat kaya asam lemak omega 3 yang mampu menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan hormon kortisol yaitu hormon penyebab stress. Orang Belanda biasa makan ikan herring bagaikan camilan sehari-hari.
Berpuasa (Indonesia)

Kita juga memiliki rahasia diet yang kurang kita sadari. Ya, puasa. Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, kebiasaan puasa Senin dan Kamis dianggap mampu memecah kebiasaan pola makan berlebihan dan membakar kalori lebih banyak. Dengan berpuasa, kalori dari makan saat sahur akan dibakar habis sampai saatnya berbuka puasa tiba. Berbeda ketika tidak berpuasa, orang sudah makan lagi sebelum kalori dari saat sebelumnya belum habis terbakar. Bonusnya lagi puasa juga mampu membuang racun dari dalam tubuh.

Anda kini sudah mengetahui rahasia memelihara kesehatan dan menjaga penampilan dari beberapa negara. Apa jadinya jika Anda mampu menerapkan seluruhnya? Coba saja dan buktikan sendiri karena mereka sudah mencobanya dan terbukti berhasil!